Konsep Desain Rumah Kecil Minimalis Ukuran 6×10

Tuesday, April 11th 2017. | Desain Rumah

Rumah minimalis yang memiliki ukuran 6×10 adalah sebuah ukuran yang cukup ideal bagi keluarga kecil apabila anda mempunyai bugdet yang terbatas.  Dalam hal bentuk desain anda bisa menerapkan model mezzanine untuk mendapatkan area tambahan yang unik diantara lantai dan bentuk langit-langit rumah Anda. Tak ketinggalan pula, Anda juga dapat membuat desain rumah yang lebih baik terhadap interior maupun eksteriornya. Dengan perhitungan ukuran bentuk rumah yang tepat, Anda masih dapat mempunyai sebuah garasi, teras dan halaman rumah yang ideal.

Walaupun secara ukuran dapat dikatakan bahwa luas tanah 6 x 10 meter tidak terlalu lebar, namun anda tidak perlu berkecil hati karena bisa mengoptimalkan dengan cara membentuk tingkat 2 lantai sebagai pengembangan bentuk desain minimalis. Beberapa hal yang bisa anda perhatikan saat membangun rumah kecil adalah sebagai berikut :

Cat Rumah Minimalis Atap Biru

1. Buatlah desain yang sederhana

Desain bangunan rumah minimalis yang memiliki ukuran 6×10 bisa dibilang cukup terbatas. Rumah ini biasanya akan dibangun sesuai denganluas lahan yang tersedia. Bentuk sederhana dan simpel merupakan dua konsep yang umum digunakan untuk rumah minimalis tipe tersebut, agar tidak menimbulkan kesan yang membosankan pada desain interior yang kecil, maka anda dapat mengatur warna cat dinding yang cerah agar nampak terlihat luas. Desain tersebut bisa anda wujudkan pada interior dan eksterior rumah.

Kunci utama keberhasilan pada desain rumah tersebut adalah pada pembuatan denah atau sketsa sebelum anda melakukan proses pembangunan. Denah rumah akan menjelaskan secara lebih detail mengenai interior rumah Anda dengan beragam barang yang akan diletakkan di dalamnya.

2. Jangan terlalu banyak perabotan atau furniture

Dengan ukuran yang terbatas hanya sekitar 6×10 meter tentu saja anda tidak diperkenankan untuk mengisi rumah dengan banyak barang, kecuali apabila Anda ingin mau menanggung konsekuensinya dengan menjadikan rumah Anda menjadi sebuah gudang. Hal ini dikarenakan alasan pertama bahwa perabotan yang jumlahnya banyak akan memakan space ruangan di rumah Anda, sehingga membatasi ruang gerak penghuni rumah.

Sedangkan alasan kedua ialah lebih pada faktor enonomis saja, yakni pembelian banyak perabot justru akan membuat semakin boros. Anda bisa menambahkan kanopi pada ruangan terbuka di teras sebagai area cadangan untuk penempatan barang berupa rak dinding atau lemari.

3. Lakukan perawatan rumah secara cermat

walaupun memiliki rumah dengan ukuran kecil, namun jangan pernah mengabaikan masalah perawatan rumah seperti halnya menjaga kebersihan, mengganti warna cat, serta memperhatikan saluran air yang ada. Umumnya area yang penting untuk diperhatikan adalah kamar mandi, agar nantinya semua anggota keluarga pun merasa nyaman ketika beraktivitas didalamnya.