Mengenal Cara Kerja Puls Oximeter

Friday, April 7th 2017. | Kesehatan

Salah satu unsur penting yang sangat dibutuhkan oleh manusia adalah oksigen. Tanpa oksigen bisa dipastikan kelangsungan hidup seorang manusia tidak akan bertahan lama. Bukan hanya paru-paru, oksigen juga dibutuhkan oleh organ tubuh lain untuk bisa tetap berfungsi dengan normal dan didalam tubuh manusia, oksigen disalurkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Namun terkadang akibat kondisi tertentu, kadar oksigen yang ada dalam darah sering mengalami penurunan. Jika sudah begitu tentu saja akan berdampak pada kondisi kesehatan. Untuk itu maka diperlukan suatu alat yang bisa mendeteksi apakah kadar oksigen dalam darah kita normal atau tidak. Sehingga bisa cepat dilakukan langkah penanganan yang tepat apabila diketahui ada kelainan.

pulse oximeter bayi

Dan alat yang bisa melakukan hal tersebut adalah pulse oximeter, mungkin untuk kita orang awam akan merasa asing mendengar nama tersebut, berbeda bila anda seorang pekerja medis pasti sudah sangat akrab dengan alat kesehatan yang satu ini. Alat ini bisa mengukur kadar oksigen darah tanpa perlu memasukan alat bantu ke dalam tubuh, sehingga sangat cocok digunakan dalam keadaan gawat darurat.

 Alat medis yang satu ini juga sudah banyak tersedia di toko-toko alat kesehatan dalam berbagai jenis, selain menjual pulse oximeter untuk orang dewasa, biasanya mereka juga jual pulse oximeter bayi yang khusus digunakan untuk memeriksa kadar oksigen dalam darah di tubuh bayi.

Pulse oximeter sendiri dilengkapi dengan sebuah alat sensor yang sangat sensitif ketika digunakan untuk mengukur kadar oksigen, sensor ini bernama finger sensor yang dilengkapi dengan infra merah, bentuknya mirip dengan penjepit dan bisa dipasang di jari tangan. Dan hasil pengukurannya biasanya ditampilkan dalam bentuk presentase. 

Informasi kadar oksigen yang didapatkan dari pulse oximeter akan sangat bermanfaat untuk kondisi-kondisi seperti saat atau setelah operasi atau kondisi lain yang menggunakan obat penenang, untuk menentukan pengaturan yang tepat ketika memberikan penambahan oksigen pada pasien, untuk mengetahui seberapa besar daya tahan tubuh pasien terhadap suatu aktivitas, untuk mengetahui apakah sebuah ventilator berfungsi secara normal dan juga untuk mengetahui apakah henti nafas waktu tidur kerap terjadi pada pasien.

Selain itu pulse oximeter juga bisa digunakan untuk memerika kondisi kesehatan seseorang apakah ia menderita suatu penyakit tertentu yang ada kaitannya dengan kadar oksigen dalam darah seperti penyakit paru-paru, anemia, penyakit jantung dan pneumonia.

Karena bentuknya yang cukup simple, alat kesehatan ini juga bisa digunakan sebagai alat kesehatan pribadi, yang bisa kita pakai untuk memantau kadar oksigen darah kita kapan saja. Untuk mendapatkannya anda bisa mengunjungi toko alat kesehatan terdekat yang jual pulse oximeter atau anda juga bisa membelinya secara online.